header
Sunday, August 25, 2019

Polres Cirebon

POLRES CIREBON sebagai salah satu satuan kerja dari 22 Polres jajaran Polda Jabar yang pada tanggal 10 Desember 2018 Polres Cirebon berhasil mendapatkan predikat WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dari Kemenpan RB dan juga pada tanggal 11 Desember 2018 Polres Cirebon mendapatkan predikat penyelenggara pelayanan publik sangat baik (A-) oleh Kemenpan RB dalam bidang pelayanan publik yang meraih predikat Zona Integritas dimana penyerahan penghargaan diberikan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Drs. Syafrudin, M.Si. dan diterima langsung oleh Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto, S.I.K., M.Si.

Dimana penilaian tersebut tidak lepas dari inovasi pelayanan yang diciptakan oleh Kapolres Cirebon AKBP SUHERMANTO, SIK. M.Si. dengan membuat 15 inovasi, yaitu:
1. Pelayanan Terpadu 1 Atap
2. Program anak asuh Bhabinkamtibmas
3. Cakrabuana Kamtibmas
4. SIGABON
5. BAKSO REBON
6. POLISI SAMBANG PESANTREN
7. POLICE GOES TO SCHOOL
8. POLISI SANTRI
9. GOS (GUARD OFFICER SYSTEM)
10. PSDJ (Polres Sumber Dulur Jurnalis)
11. BISMURI (Bimbingan Sim dan Uji Teori)
12. POLICE FRIDAY CIREBON
13. TIM TEKKAB
14. CIKAB BAND
15. SAFARI NELAYAN

Guna mengoptimalkan pelayanan publik dan mempermudah serta memberikan kenyamanan kepada masyarakat dalam pelayanan Kepolisian, Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto, S.I.K., M.Si. melakukan terobosan pembuatan Gedung baru secara swadaya yang diberi nama Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu SANIKA SATYAWADA, gedung baru tersebut lebih representatif, nyaman, dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat berupa Pembuatan dan perpanjangan SIM, pelayanan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) serta pelayanan laporan pengaduan masyarakat dan pembuatan Laporan Polisi di pelayanan SPKT.

Gedung SPKT Sanika Satyawada

Gedung SANIKA SATYAWADA memiliki fasilitas yg sangat baik guna menunjang pelayanan kepada masyarakat yaitu fasilitas AC disetiap ruangan, fasilitas IT, Televisi, ruang tunggu yg nyaman dan bersih, Wastafel, Monitor antrian, minuman dan permen gratis, ruang bermain anak, ruang ibu menyusui, ruang konseling, ruang membaca serta bagi pemohon difabel disiapkan juga kursi roda dan toilet khusus.

Selain ke-15 inovasi tersebut pasca mendapatkan predikat Zona Integritas dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, Kapolres Cirebon juga membuat inovasi baru, antara lain:

1. SIM GO-PAY merupakan kerjasama antara Polres Cirebon dan PT. Gojek dalam hal memberikan kemudahan pembayaran pembuatan SIM dengan menggunakan pelayanan pembayaran Go-Pay.

2. BOSS DELI (BPKB Oneday Service SKCK Delivery) merupakan bentuk pelayanan Satuan Intelkam Polres Cirebon dalam pelayanan SKCK dimana masyarakat setelah dinyatakan administrasi lengkap apabila ada keperluan mendesak tidak perlu menunggu SKCK Keluar petugas Pelayanan SKCK akan mengantarkan SKCK sesuai alamat pemohon. Dan BPKB One Day Service merupakan bentuk pelayanan Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon dalam meningkatkan pelayanan prima kepolisian kepada masyarakat dalam hal penerbitan BPKB secara cepat dengan memberikan fasilitas mengantarkan BPKB kerumah Pemohon (Delivery Service).

Guna mempertahankan predikat Zona Integritas Polres Cirebon dan meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat setiap bulan, triwulan dan semester melaksanakan rapat yang dihadiri oleh PJU dan Kapolsek Jajaran Polres Cirebon guna melakukan Analisa dan Evaluasi terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada pelayanan di Polres Cirebon.

Melakukan Kerjasama dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk melakukan Survey Kepada masyarakat atas pelayanan Kepolisian secara peridok untuk mengetahui tingkat kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan di Polres Cirebon.

Melakukan monitoring dan pengawasan di setiap pelayanan masyarakat oleh personil dari Provos dan Paminal serta Siwas dan juga membuka pengaduan pelayanan publik baik secara langsung maupun melalui media social.

Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto, Sik. Msi, dengan Motto Pelayanan tanpa batas, bekerja sepenuh hati. dalam setiap kesempatan apel jam pimpinan selalu menyampaikan penekanan kepada seluruh anggota Polres Cirebon untuk melaksanakan Program Promoter Kapolri dan Commander Wish Kapolda Jabar yaitu dengan meningkatkan pelayanan publik, pemeliharaan Kamtibmas dan Manajemen media, Sehingga terciptanya situasi kamtibmas yg aman kondusif di wilayah Kabupaten Cirebon serta bersama-sama menjaga agar predikat Zona Integritas yang telah diraih bisa dijaga dan Polres Cirebon bisa mencapai predikat WBBM.

SIGABON (Polisi Siaga Cirebon)

Aplikasi SIGABON (Polisi Siaga Cirebon) adalah aplikasi yang berfungsi untuk meningkatkan layanan kepolisian dengan menghadirkan Polisi ditengah masyarakat berbasis Teknologi Informasi.

SIGABON (Polisi Siaga Cirebon) telah terintegrasi dengan sistem kepolisian sesuai standar prosedur yang berlaku, aplikasi ini memudahkan pelayanan polisi seperti bantuan darurat / panic button, Pengajuan SIM baru atau perpanjangan, Pengajuan SKCK baru atau perpanjangan, maupun laporan kejadian.

Dengan sistem pelayanan online ini, masyarakat akan mendapatkan layanan prima dari kepolisian untuk mengefisienkan waktu saat membutuhkan layanan di kantor polisi.

 

 

Aplikasi SIGABON adalah aplikasi yang yang dipublish oleh Polres Cirebon, berfungsi untuk meningkatkan layanan kepolisian dengan menghadirkan Polisi ditengah masyarakat berbasis Teknologi Informasi.

Aplikasi SIGABON bisa didownload melalui Playstore di HP Android atau dapat mengunjungi website : http://www.satlantaspolrescirebon.com/

SIGABON telah terintegrasi dengan sistem kepolisian sesuai standar prosedur yang berlaku, dengan sistem pelayanan online ini, masyarakat akan mendapatkan layanan prima dari kepolisian untuk mengefisienkan waktu saat membutuhkan layanan di kantor polisi.

Visi Dan Misi Aplikasi SIGABON:

1. Menghadirkan negara di tengah masyarakat
2. Pelayanan yang cepat, akurat, Dan mendekat ke masyarakat
3. Menciptakan rasa Aman Dan nyaman
4. Informatif dan komunikatif
5. Reward dan punishment

 

Himbauan Kamtibmas:

Satuan Lalu Lintas:

  • Jadikan keselamatan berlalu lintas sebagai kebutuhan
  • Kelengkapan kendaraan sebagai bentuk kepatuhan berlalu lintas
  • Berhati-hati dalam berlalu lintas bentuk cinta dan kasih sayang untuk keluarga
  • Selalu mengecek batas waktu SIM agar dapat diperpanjang
  • Membayar pajak kendaraan tepat waktu sehingga terhindar dari denda
  • Patuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas saat berkendaraan
  • Cek kelayakan kendaraan untuk keselamatan di jalan
  • Hindari calo yang akan merugikan diri anda

Satuan Sabhara:

  • Hubungi kami di Hallo Patroli Sabhara 081320926666 atau 081221846666
  • Kami siap menjaga, mengawal dan melakukan patroli untuk mencegah dan meminimalisir aksi kejahatan

Satuan Reskrim:

  • Jadilah Polisi bagi barang diri sendiri anda
  • Dampingi dan lindungi putra-putri kita dari bahaya kekerasan dan kejahatan seksual
  • Tidak ada ruang sekecil apapun untuk waktu kejahatan
  • Tidak ada kejahatan yang tidak meninggalkan jejak
  • Tidak cukup penjara, tidak cukup Polisi untuk menegakan hukum bila tidak didukung oleh masyarakat
  • Pahami bahwa keselamatan diri lebih berharga dari perhiasan yang anda pakai
  • Selalu gunakan kunci ganda atau kunci roda untuk kendaraan bermotor anda

Satuan Binmas:

  • Ayo Siskamling, ronda malam, masyarakat aman, penjahat hilang
  • Jangan tinggalkan rumah dalam keadaan kosong, titipkan pesan ke tetangga atau kerabat terdekat dan pastikan rumah dalam keadaan terkunci
  • Bersama-sama menolak dan mewaspadai paham radikal di sekitar kita, laporkan segera kepada Polisi
  • Selesaikan masalah dengan musyawarah dan akal sehat, STOP main hakim sendiri
  • Sekecil apapun informasi masyarakat adalah kepercayaan untuk mewujudkan keamanan
  • Kenali samping kanan kiri dan depan di tempat tinggal kita
  • Mari bersatu tolak aksi premanisme, prostitusi, miras, perjudian, narkoba, dan kenakalan remaja
  • Lindungi anak-anak kita dari pengaruh genk motor yang meresahkan

Satuan Satnarkoba:

  • Narkoba akan menggeser kehidupan yang normal menuju kesengsaraan
  • Keluarga, teman dan masa depan akan hancur bila kita mengkonsumsi narkoba
  • Iman dan taqwa, keharmonisan keluarga dan lingkungan yang baik adalah benteng dari pengaruh narkoba
  • Kenali ciri dan pelaku pemakai narkoba untuk terhindar dari narkoba
  • Hidup sehat tanpa narkoba

Satuan Polisi Air:

  • Selamatkan laut untuk masa depan anak cucu kita
  • Jadikan laut tempat yang aman untuk bekerja dan mencari nafkah
  • Pahami waktu dan cuaca yang aman saat kita melaut
  • Gunakan perlengkapan dan peralatan kelautan yang tidak merusak ekosistem laut
  • Membawa dan menjual hasil laut sesuai dengan peraturan yang berlaku

 

 Bukan karena semua kehidupan kita INDAH maka kita TERSENYUM, tapi karena kita mau TERSENYUM maka semua menjadi INDAH