Plered – Sebagaimana tugas pokok Polri selaku pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat guna menciptakan kehidupan yang rukun, harmonis, damai dan saling pengertian dalam rumah tangga, Bhabinkamtibmas Desa Tegalsari Kec. Plered Aipda Suherman melaksanakan Problem solving untuk mendamaikan dan menyelesaikan terhadap warga yang bermasalah.

Bhabinkamtibmas Desa Tegalsari Aipda Suherman membantu warga menyelesaikan masalah yang dilakukan oleh Kedua belah pihak antara Pihak MD dengan Pihak DN Dkk untuk di musyawarahkan, bhabinkamtibmas mengundang semua pihak yang bertikai dengan disaksikan oleh Babinsa, Kuwu, perangkat Desa dan masing-masing Keluarga untuk dipertemukan di Kantor Desa Tegalsari Kec. Plered Kab. Cirebon. Selasa,- (02/04/2024).

Adapun permasalahan yang di hadapi warganya, terkait permasalahan antara pihak pertama berinisial DN dan Dkk. Pihak kedua sdr. MD, Kedua warga di Desa binaanya terjadi kesalahpahaman sehingga menyebabkan keduanya terjadi cekcok dan berujung perkelahian yang meresahkan warga sekitar, kemudian setelah dilakukan mediasi oleh Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa bersama dengan Kuwu, Perangkat Desa serta perwakilan Keluarga dan tetangga sekitar rumah, Kedua belah pihak berdamai, dan membuat surat perdamaian / Surat pernyataan.

Ditempat terpisah Kapolresta Cirebon Kombes Pol. Sumarni, SIK. SH. MH. melalui Kapolsek Plered AKP Uton Suhartono, SH. mengatakan bahwa Bhabinkamtibmas selaku garda terdepan Polri yang bertugas sebagai pengemban fungsi Preemtif dalam melayani masyarakat turut membantu menyelesaikan masalah dan bisa mendeteksi serta juga mengidentifikasi permasalahan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Kamtibmas di lingkungan dan menemukan solusi dari masalahnya tersebut. Dengan mengundang kedua belah pihak untuk bertemu dan musyawarah di kantor Desa Tegalsari Kec. Plered Kab. Cirebon.

“Alhamdulillah dengan di dampingi oleh Babinsa, Kuwu, Perangkat Desa dan perwakilan pihak keluarga dan tetangga permasalahan tersebut telah di selesaikan dengan cara kekeluargaan dan damai antara kedua belah pihak tanpa adanya permintaan ganti rugi ataupun paksaan dari pihak manapun serta dituangkan dalam Surat perdamaian / Surat pernyataan. “Ujar Kapolsek”

Sementara itu dalam penyelesaian masalah tersebut, Bhabinkamtibmas juga memberikan nasehat dan pesan kamtibmas kepada kedua belah pihak agar tidak mengulangi lagi perbuatannya yang akan merugikan diri sendiri dan berdampak meresahkan warga sekitar serta berharap dengan kejadian ini menjadi suatu pelajaran yang berharga kedepannya harus berhati-hati dalam berucap dan bertindak. “Mari kita bersama-sama kita ciptakan rasa kekeluargaan yang aman, nyaman dan damai dalam mewujudkan situasi yang kondusif dilingkungan masyarakat. “Ucapnya”

Sudah menjadi tugas dan kewajiban Bhabinkamtibmas untuk melakukan giat problem solving dengan memediasi setiap permasalahan yang terjadi di Desa binaannya dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif dilingkungan masyarakat. ”Tutup Kapolsek”

Find this content useful? Share it with your friends!