Pabedilan – Dengan niat yang tulus dan ikhlas, konselor Polsek Pabedilan Polresta Cirebon Polda Jabar yang merupakan Kanit Binmas Polsek Pabedilan Aiptu Asrofi bersama dengan Bhabinkamtibmas Desa Kalimukti Brigadir Rangga melakukan konseling terhadap warga desa binaannya yang menjadi korban sijago merah akibat konsleting listrik pada rabu, 3 Januari 2023 sekitar jam 00:30 Wib.

Kegiatan konseling ini dilakukan oleh Aiptu Asrofi bersama Bhabinkamtibmas Desa Kalimukti Brigadir Rangga bertempat di depan TKP kebakaran rumah dan toko Desa Kalimukti Dusun 02 Rt. 02 Rw. 03 Kecamatan Pabedilan (12/01/2023)

Korban merupakan pasangan suami istri yang merupakan pekerja keras dalam mengelola barang dagangannya tak lain Sdr. TASWADI dan istrinya Sdri. Meliza yang sudah 20 tahun berjualan layaknya mini market, karena kegigihannya toko MONALISA yang mereka kelola sangatlah lengkap, mulai dari barang sembako, perlengkapan bayi, jajanan anak maupun kue, peralatan listrik, material bahan bangunan hingga transaksi setor tarik tunai termasuk pom bensin mini.

Pantas saja kerugian akibat amukan si jago merah mencapai 700 jutaan, yang membuat kedua pasangan suami istri ini shock seketika saat kejadian, akan tetapi saat kejadian konselor Polresta Cirebon Aiptu Asrofi juga selalu berikan motivasi untuk ketenangan jiwanya, karena saat kejadian dengan waktu singkat sijago merah dengan cepat melahap seisi toko dan rumahnya.

Kegiatan konseling ini sengaja dilakukan pasca kejadian dengan silaturahmi dan dilakukan dengan tulus ikhlas agar korban yang merupakan warga masyarakat di wilayah kerjanya semakin besar hati dan termotifasi untuk bangkit melakukan usaha yang telah di rintisnya sejak 20 tahun silam, selain memberikan motivasi dan dukungan semangat, pihak konselor dan Bhabinkamtibmas Brigadir Rangga menyampaikan, bahwa pihak Kepolisian selalu siap membantu segala administrasi yang diperlukan untuk syarat pengurusan Dokumen yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan dan diperuntukkannya, seperti surat keterangan atau laporan polisi tentang terjadinya kebakaran, maupun rekomendasi yang berkaitan dengan peristiwa tersebut, misal ada Dokumen Penting baik Ijazah, maupun Sertifikat yang ikut terbakar juga.

Pihak korban yang saat konseling juga keduanya ada sangat terbantu psikis dan mental nya termasuk saat kejadian juga hingga pagi hari ada di lokasi tersebut, serta mengapresiasi bentuk dukungan Moril maupun ketulusan hati dalam membuatkan beberapa administrasi baik surat keterangan maupun laporan polisi tentang kejadian bencana kebakaran ini, kemudian menuturkan alhamdulillah semua anggota keluarganya selamat dan tidak sedikit pun mengalami luka atas peristiwa ini.

Ditempat terpisah Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H melalui Kapolsek Pabedilan Iptu Mulyadi, S.H menjelaskan bahwa benar saat itu terjadi kebakaran yang sangat hebat hingga dalam waktu sekitar 30 menit, sijago merah telah meludeskan se isi rumah dan toko nya kalau pun 2 mobil damkar berusaha memadamkannya, namun demikian alhamdulillahnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini.

Pihak Kepolisian juga selain memberi motivasi dan dukungan moral agar tetap semangat juga telah mengeluarkan beberapa dokumen baik surat keterangan tentang terjadinya kebakaran maupun laporan polisi sebagai persyaratan dalam adminstrasi pengurusan Dokumen atau surat penting lainnya.

Kapolsek Pabedilan Polresta Cirebon juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada dan berhati hati tentang terjadinya bencana kebakaran ini, tolong cek instalasi listrik oleh ahli nya secara berkala dan gunakan kabel yang sesuai SNI dalam instalasi listrik agar kejadian serupa tidak terulang kembali kepada siapapun.

(Unit Binmas Polsek Pabedilan Polresta Cirebon Polda Jabar)

Find this content useful? Share it with your friends!