Cirebon– Bulan Ramadhan 1444 H/2023 M tidak membuat personel polsek Losari Polresta Cirebon kendor dalam bekerja. Mereka justru meningkatkan kinerja dengan menggelar Patroli Sahur.

Pada patroli ini, selain menjaga keamanan dan ketertiban warga, personel juga membangunkan warga untuk ibadah sahur. Sasaran patroli ini tidak hanya di jalan protokol, namun juga pemukiman.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol. Sumarni, SIK, SH, MH. melalui Kapolsek losari Kompol Edi Baryana, Amd mengatakan, kegiatan Patroli Sahur dilaksanakan selama Bulan Ramadhan, yang diperlukan untuk menciptakan situasi yang kondusif di Kabupaten Temanggung dan juga ikut membangunkan masyarakat untuk sahur.

“Petugas membangunkan warga untuk sahur. Petugas berkeliling kota menggunakan mobil patroli. Petugas juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas,” kata Kapolres, Jumat (15/3/2024).

Kapolsek Losari Kompol Edi Baryana, Amd mengatakan, kegiatan patroli dilaksanakan antara pukul 02.00 – 03.00 WIB. Dikarenakan waktu tersebut biasanya sudah digunakan masyarakat, utamanya ibu-ibu untuk memasak persiapan sahur.

“Ya, kita patroli menjaga ketertiban masyarakat sambil membangunkan masyarakat untuk sahur,” katanya.

Kompol Edi Baryana, Amd menjelaskan, tradisi di Kabupaten Cirebon, masyarakatnya selama bulan puasa Ramadhan antara pukul 19.30 – 21.00 WIB untuk melaksanakan tarawih dan juga tadarus Alqur’an, setelah itu istirahat dan pukul 02.00 WIB sudah bangun untuk persiapan sahur. Sahur sendiri hingga menjelang subuh, Juga menjadi tradisi para pemuda untuk melakukan klotekan untuk membangunkan sahur.

Find this content useful? Share it with your friends!