Polresta Cirebon Terima Penghargaan Trust Award dari Lemkapi

 

POLRESTA CIREBON – Polresta Cirebon menerima penghargaan Trust Award dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi). Direktur Eksekutif Lemkapi, Dr. Edi Saputra Hasibuan, SH, MH, menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M. Syahduddi, S.I.K, M.Si, di Mapolresta Cirebon, Jumat (12/3/2021).

Penghargaan yang diterima kali ini diberikan atas inovasi dan terobosan yang dilakukan Polresta Cirebon. Di antaranya, ATM Beras Keliling, bantuan kaki palsu, dan unit pelayanan publik yang ramah difabel.

Kapolresra Cirebon, Kombes Pol M. Syahduddi, S.I.K, M.Si, menyampaikan terima kasih kepada Lemkapi atas penghargaan yang telah diberikan. Hal itu menjadi bukti bawah selama ini kinerja Polresta Cirebon mendapat perhatian dari beberapa pihak, termasuk Lemkapi.

Ia mengatakan, penghargaan Trust Award itupun menjadi suatu kebanggaan bagi seluruh personel Polresta Cirebon, sehingga termotivasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik menjadi lebih baik lagi.

Terlebih, saat ini Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sangat concern dalam peningkatan layanan publik dan sistem pelayanan Polri yang terintegrasi. Karenanya, penghargaan Trust Award tersebut membuat jajarannya semakin termotivasi untuk terus melakukan terobosan inovasi lainnya.

“Sesuai arahan Bapak Kapolri, saat ini kami tengah menyusun sistem pelayanan Polresta Cirebon yang terintegrasi dengan sistem pelayanan instansi lain. Yakni, sistem manajemen penyidikan perkara pidana yang terintegrasi dengan kejaksaan, pengadilan, dan lapas,” ujar Kombes Pol M. Syahduddi, S.I.K, M.Si.

Syahduddi menyampaikan, dalam sistem tersebut penanganan pelayanan penyidikan dari Polri kemudian diproses kejaksaan, menjalani persidangan hingga divonis dan dijebloskan ke lapas akan terdata serta terintegrasi dengan satu sistem yang menghubungkan semua instansi.

Pihaknya telah menyampaikan hal tersebut ke jajaran Satreskrim Polresta Cirebon dan tengah diproses pembuatannya dan dikoordinasikan dengan instansi terkait yang terlibat dalam penanganan perkara pidana tersebut.

Sementara Direktur Eksekutif Lemkapi, Dr. Edi Saputra Hasibuan, SH, MH, mengatakan, Polresta Cirebon merupakan satu-satunya Polres jajaran Polda Jabar yang mendapatkan penghargaan Trust Award dari Lemkapi.

Pasalnya, selama ini Polresta Cirebon mempunyai dedikasi dan loyalitas yang tinggi dalam memberi perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat. Bahkan, masyarakat pun merasa puas atas pelayanan yang duberikan.

“Penghargaan Trust Award ini sebagai bentuk apresiasi kepada Polresta Cirebon yang telah melayani masyarakat dengan baik,” kata Dr. Edi Saputra Hasibuan, SH, MH.

Ia mengatakan, sebelum memberikan penghargaan tersebut penelitian selama dua bulan telah dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap kehadiran dan pelayanan Polri.

Hasilnya, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kehadiran dan pelayanan Polresta Cirebon mencapai 82,29 persen. Menurutnya, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa masyarakat senang terhadap inovasi dan terobosan yang dilakukan.

Termasuk layanan SIM di Polresta Cirebon yang menerapkan teknologi informatika sehingga bisa diakses melalui handphone. Hal itu sejalan dengan program Presisi (Produktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan) yang dicangkan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Apa yang dilakukan Polresta Cirebon pantas diberi apresiasi. Semoga ini menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja kepada masyarakat, karena kondisi sekarang kehadiran TNI – Polri dibutuhkan secara cepat,” ujar Dr. Edi Saputra Hasibuan, SH, MH.

Humas Polresta Cirebon

Comments

comments

NO COMMENTS

Leave a Reply

one × 3 =