Jum’at Curhat Bersama Kapolsek Pabedilan merupakan acara rutin yang diselenggarakan sebagai wadah silaturahmi Kapolsek Pabedilan Polresta Cirebon Iptu Mulyadi, SH bersama dengan warga masyarakat dari berbagai kalangan untuk pengelolaan Kamtibmas agar tercipta situasi yang aman dan kondusif.

Kegiatan Jum’at Curhat kali ini dilaksanakan oleh Kapolsek Pabedilan IPTU MULYADI, SH di warung Kopi Nabila Desa Dukuhwidara Dusun Pon 003/005 Kecamatan Pabedilan (27/01/2023)

Adapun kalangan dan unsur masyarakat yang telah hadir selain pihak pemerintah desa yakni tokoh Agama Drs. H. Khaeron yang juga merupakan Ketua DKM, Tokoh Pemuda, Tokoh masyarakat juga pendamping Desa serta Karang taruna dan ketua Rt/Rw setempat, dengan jumlah peserta sebanyak 32 orang.

Dalam menampung aspirasi masyarakat ketua RT Sdr. Toni mengungkapkan tentang rusaknya jalan dan penerangan yang merupakan sarana umum utama bagi masyarakat, namun demikian pihak pemerintah desa yang dalam hal ini disampaikan oleh juru tulis Sdr. Ade Suratman menjelaskan bahwa jalan yang rusak tersebut adalah jalan kabupaten dan dalam tahun ini sepanjang 400 meter akan segera dilaksanakan pembangunan nya oleh PUPR Kabupaten, sedangkan penerangan jalan juga sudah disampaikan kepada pihak terkait dalam hal ini pemerintah daerah berkaitan dengan penerangan jalan yakni Dishub akan dilaksanakan pada September 2023.

Sedangkan tokoh agama setempat Drs. H. Khaeron menyampaikan bahwa segala bentuk pembangunan idealnya selain ada jalur pemerintah desa hendaknya kita bisa menyampaikan aspirasi ini melalui perwakilan rakyat yakni Dewan, terlebih diwilayah Pabedilan ada Anggota DPRD yang merupakan putra daerah dan bisa menjadi solusi untuk mendorong percepatan pembangunan jalan maupun perbaikan penerangan jalan ini, untuk itu diharapkan kepada masyarakat ayo kita secara bersama-sama untuk saling bahu membahu dalam menyampaikan aspirasi ini terlebih pak Kapolsek Pabedilan ini sudah memfasilitasinya, tetapi kita juga harus mengerti kapasitas dan peranan masing-masing. Sedangkan dari tokoh pemuda yang juga merupakan anggota karang taruna Sdr. Agung menyampaikan bahwasanya pihak pemerintah desa juga harus bisa membantu masyarakatnya jangan cuma saat ada kepentingan golongan tertentu bahkan pribadi saja baru mau untuk menjembatani nya, selain itu juga telah disampaikan aspirasi dari tokoh masyarakat Sdr. Udin yang juga selaku pemilik kontrakan, seiring dengan banyaknya karyawan pabrik yang ada di Pabedilan dirinya selaku pemilik kontrakan hendaknya ada pihak terkait baik pemerintah desa maupun Muspika yang secara khusus untuk melakukan pendataan baik terhadap para pengontrak maupun pemilik kontrakan dengan memberikan aturan baku selain harus ada identitas juga agar diterapkan peraturan yang pastinya dapat mendukung Kamtibmas baik dari segi keamanan juga aturan bertamu dan batasan-batasannya termasuk dalam segi etika dan norma sosial juga.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H melalui Kapolsek Pabedilan IPTU MULYADI, SH menjelaskan bahwa adanya kegiatan Jumat Curhat ini minimalnya seperti ini kita dapat mengetahui dan menampung Aspirasi masyarakat untuk kemudian ditindak lanjuti secara bersama-sama untuk menemukan solusi demi situasi kamtibmas yang aman dan kondusif serta diharapkan peran serta semua unsur masyarakat mempunyai andil sesuai dengan tupoksi dan bidangnya masing-masing.
Beliau juga mempertegas kaitannya dengan kontrakan, agar pemilik kontrakan tidak segan untuk melakukan tindakan tegas dalam hal ini adalah teguran jika secara kasat mata memang ditemukan ketidak umuman maupun jika ada tamu yang tidak sesuai dengan aturan terlebih jika tidak jelas identitasnya dan lawan jenis, dengan tetap mengedepankan bahasa yang santun dan humanis serta tetap berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa yang nantinya secara bersama-sama dengan Kasatgas dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa untuk melakukan upaya sesuai prosedur dan sesuai ketentuan.

Kapolsek juga menegaskan bahwa warga masyarakat harus pro aktif dalam memberikan informasi terkait gangguan kamtibmas khususnya berandalan jalanan atau Geng Motor, yang mana kini sedang marak camp camp an sebagai aksi nyata kebrutalan para pemuda maupun remaja baik secara langsung maupun sedang marak di konten yang keberadaannya tidak jelas karena dunia maya dan sebagai penggerak menggunakan sosial media. Untuk itu inilah fungsi dan manfaatnya kegiatan Jumat Curhat dalam menampung aspirasi maupun keluhan masyarakat yang secara langsung berkomuniksi untuk mendengar berbagai macam permasalahan di masyarakat agar segera mendapatkan tindak lanjut guna solusi terbaik sebagai pengelolaan Kamtibmas.

Polsek Pabedilan

Find this content useful? Share it with your friends!