Bertempat di Pemakaman/Makbaroh Blok Krapyak dan Pasarean Desa Balerante Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon telah dilaksanakan kegiatan TAHLIL AKBAR dalam rangka Haul KH. JAUHAR ARIFIN ke- 82 Sesepuh/pendiri pondok pesantren Al-Jauhariyah Desa Balerante Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon. Selasa (14/03/2023)

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Pengasuh Ponpes Al-Jauhariyah KH.MUHAMMAD FAQIH (Abah Mamad), Para Sesepuh Balerante, Kapolresta Cirebon diwakili oleh Kapolsek Gempol KOMPOL MUNAWAN, SH., Danramil 2016/Gempol KAPTEN Inf ERWANDI, Camat Palimanan diwakili oleh Kasi Trantib Palimanan HENDRIAZ., Kuwu Balerante sdr. SURATMO., Bhabinkamtibmas dan Babinsa, Para Santri dan Tamu Undangan berjumlah sekitar kurang lebih 300 orang.

KH.MUHAMMAD FAQIH (Abah Mamad) menyebut tiga alasan harusnya para santri menghadiri kegiatan haul yang diselenggarakan pesantren tempatnya dulu mondok. Hal tersebut disampaikannya ketika memberikan sambutan pada haul KH. JAUHAR ARIFIN ke- 82 di Pesantren Al-Jauhariyah Desa Balerante Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon

“Manfaat yang tidak kalah penting dari haul adalah sarana tabayyun atau klarifikasi terkait isu aktual akhir-akhir ini,” ungkap KH.MUHAMMAD FAQIH (Abah Mamad). Kendati perkembangan teknologi informasi demikian pesat, namun para santri harus melakukan klarifikasi langsung terkait berita mutaakhir yang menjadi perhatian umat.

Di samping soal reuni, berbagi pengalaman dan mengenang masa lalu, pertemuan dalam rangka haul memiliki makna yang lebih penting bagi santri. “Setidaknya santri memastikan masih terhubung dengan ulama dan pesantrennya,” Ucap Kapolresta Cirebon Kombes Pol ARIF BUDIMAN., S.Ik., M.H melalui Kapolsek Gempol Kompol MUNAWAN., S.H.

( Humas Polsek Gempol – Polresta Cirebon ).

Find this content useful? Share it with your friends!