Ratusan personel Polresta Cirebon bergotong royong bersama warga membersihkan sampah yang menumpuk di jalan sekitar terowongan kereta api di Desa Mertapada Wetan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Kamis (13/7/2023).

Aksi Polisi Peduli Lingkungan yang dilaksanakan sejak pukul 08.00 WIB tersebut berhasil mengangkut hingga lima truk sampah yang sempat menumpuk hingga memenuji bahu jalan di sekitar terowongan kereta api di kawasan tersebut.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, melalui Wakapolresta Cirebon, AKBP Dedy Darmawansyah, S.I.K, S.H, M.H, mengatakan, gotong royong tersebut turut melibatkan TNI, pemda, pemerintah kecamatan dan desa, dan lainnya.

“Pemilihan lokasi di jalan sekitar terowongan kereta api ini berdasarkan aduan yang diterima dari masyarakat karena tumpukan sampahnya sempat mengganggu kelancaran arus lalu lintas kendaraan,” ujar AKBP Dedy Darmawansyah, S.I.K, S.H, M.H.

Ia mengatakan, aksi Polisi Peduli Lingkungan juga dilaksanakan secara serentak oleh 27 Polsek jajaran Polresta Cirebon. Sehingga pada hari ini kegiatan gotong royong tersebut dilaksanakan serentak di 28 titik di wilayah hukum Polresta Cirebon.

Menurutnya, kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai salah satu wujud kepedulian Polri terhadap kebersihan lingkungan. Sehingga diharapkan jajaran Polri, khususnya Polresta Cirebon menjadi pelopor dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

“Dari laporan yang kami terima sampah yang menumpuk di kawasan ini belum setahun, tapi kami bertindak cepat untuk membersihkannya dengan melibatkan pemerintah daerah, kecamatan, dan desa, serta unsur masyarakat lainnya,” kata AKBP Dedy Darmawansyah, S.I.K, S.H, M.H.

Find this content useful? Share it with your friends!