Sedong- (04/04/2023).
Menjelang pertengahan di bulan Ramadhan ini Polsek Sedong Polresta Cirebon lebih gencar lagi melakukan Patroli malam guna antisipasi kerawanan di bulan Ramadhan seperti C.3, Geng Motor, Tawuran, Perang Sarung, dan Kejahatan Jalanan lainnya.

Dalam kegiatan Patroli malam tersebut personil Polsek Sedong dilakukan oleh Anggota Piket yang dibantu oleh Anggota Bhabinkamtibmas yang lebih menguasai situasi wilayah khususnya Desa hingga ke pelosok lingkungan RT dan RW serta karena Bhabinkamtibmas lebih mengedepankan dialogis dengan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan himbauan yaitu: Aiptu Yaya Wardaya, Aipda Sutejo dan Aipda Suherman.

Dalam kegiatan patroli malam tersebut petugas patroli atau Bhabinkamtibmas menghimbau masyarakat, khususnya yang sedang berkumpul nongkrong di malam hari dari waktu selepas taraweh sampai menjelang waktu sahur untuk tidak melakukan kegiatan sahur on the road, bermain atau menyalakan petasan, dan kepada orangtua untuk melarang anak-anaknya tidak melakukan perang sarung. Karena dari kesemuanya itu dapat memicu atau penyebab terjadinya Tawuran antar blok, antar Desa, bahkan bisa meluas antar kecamatan. “Untuk itu marilah di bulan yang suci ini bulan Ramadhan kita umat muslim lebih perbanyak ibadah dan mari bersama-sama jaga lingkungan kita dari gangguan kejahatan maupun perselisihan, Kejahatan bisa terjadi karena ada niat dan kesempatan, waspada lah” Seperti pesan yang disampaikan oleh Kanit Binmas Polsek Sedong Aipda Riswanto.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H. melalui Kapolsek Sedong AKP Ujang Sarifudin, SH. berharap himbauan Kamtibmas maupun Pesan Ramadhan yang telah disampaikan oleh para Bhabinkamtibmas Polsek Sedong Polresta Cirebon ini hendaknya menjadi perhatian khusus bagi masyarakat untuk di Indahkan dan dilaksanakan karena himbauan ini adalah upaya untuk mencipta situasi kamtibmas yang aman dan kondusif terlebih di bulan Suci Ramadhan ini agar masyarakat dengan khusuk dan nyaman dalam menunaikan ibadah puasa baik pada siang hari terlebih malam hari agar dalam meningkatkan intensitas beribadah baik sholat tarawih, tadarus maupun sahur benar-benar mempunyai kenyamanan dalam melaksanakannya.
Kapolsek Sedong juga menambahkan agar masyarakat juga tidak melakukan sahur on the road termasuk adanya obrog-obrog dengan musik yang berlebihan untuk membangunkan makan sahur tidak diperkenankan karena awal pemicu keributan biasa dari rombongan obrog-obrog ini dan ini adalah Atensi dari pimpinan Polri agar tercipta situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

(Binmas Polsek Sedong Polresta Cirebon Polda Jabar)

Find this content useful? Share it with your friends!