Sumber – Senin tanggal 06 Februari 2023 pukul 09.00 Wib bertempat di RM. Sendang Sari, telah dilaksanakan kegiatan pelantikan dan bimbingan teknis anggota pengawas kelurahan / Desa pada Pemilu serentak Tahun 2024 tingkat Kec. Sumber Kab. Cirebon.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Komisioner KPU KHUSNUL KHOTIMAH, S. Fil. I., Komisioner Bawaslu Kab. Cirebon Sdr. RAHMAT HIDAYAT, S.Pd.I., Ketua Panwaslu Kec. Sumber LILIK HANAFIAH, Camat Sumber H. Teguh Supriyadi, S. Sos., Kapolsek Sumber diwakili Kanit Binmas IPDA T.KARTIKA, Danramil 0620-13 Sumber Kapten Arm KARSIM, para Lurah,
anggota Komisioner Panwascam dan peserta PKD Kec. Sumber.

Adapun Susunan acara kegiatan sbb :
a. Pembukaan.
– Menyanyikan Lagu Indonesia Raya & Mars Bawaslu.
– Laporan Ketua Pelaksana.

b. Proses Pelantikan.
– Pembacaan SK.
– Ikrar / Sumpah.
– Penandatanganan Fakta Integritas.
c. Sambutan – sambutan :
d. Penutup dan Do’a.
e. Pemberian materi

D. Anggota PKD (Panwaslu Kel/Desa) Pemilu Tahun 2024 tingkat Kec. Sumber yang dilantik sbb :

Seluruh Rangkaian kegiatan selesai pukul 10.15 Wib, selama giat berlangsung situasi aman kondusif.

Bahwa Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kelurahan/Desa dalam pelaksanaan Pemilu 2024. PKD merupakan bagian dari badan Ad hoc Pemilihan Umum (Pemilu), PKD Pemilu 2024 yang diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2022, adapun tugas, wewenang dan kewajibannya diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu).

Bahwa pelantikan anggota PKD kec. Sumber menghadapi Pemilu 2024, sebagai petugas yang dibentuk dan untuk mengawasi penyelenggaraan pemilu di tingkat kelurahan/desa.
Bahwa Anggota Panwaslu Kelurahan/Desa sebagai penyelenggara pemilu yang langsung bersentuhan dengan peserta dan penyelenggara pemilu yang bekerja di tingkat bawah, bersifat sementara sekaligus sebagai garda terdepan dalam pengawasan tahapan pemilu, Adapun jumlah anggota PKD tiap kelurahan atau desa sebanyak satu orang.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman.S.IK.MH melalui Kapolsek Sumber Akp Eddie Mulyono.SH menyampaikan pesan kepada seluruh PKD yang baru dilantik, semoga bisa mengemban amanah yang dibebankan dalam pelaksanaan Pemilihan Umum 2024.
“Dalam pelaksanaan tugasnya PKD harus bersikap netral sehingga pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan aman, damai, sejuk dan kondusif,”

Binmas Polsek Sumber Polresta Cirebon Polda Jabar

Find this content useful? Share it with your friends!