Bhabinkamtibmas Desa Tegalkarang Bripka Nana bersama dengan mitra Babinsa Sertu Supardi melaksanakan monitoring pelaksanaan Upacara Adat Desa Tegalkarang/ memandikan barang-barang peninggalan leluhur Desa Tegalkarang yang turut dihadiri oleh Danramil Palimanan Kapten Inf. Erwandi, Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun di Desa Tegalkarang.

Kuwu/Kepala Desa bersama Warga Desa Tegalkarang selalu menjaga tradisi dan benda pusaka peninggalan leluhur. Banyak tradisi yang dilakukan warga untuk merawat benda cagar budaya atau benda pusaka di sejumlah situs, tradisi tersebut bukan dimaksudkan untuk disembah. Tradisi ini hanya untuk memelihara sekaligus memelihara benda yang memiliki nilai filosofi.

“Unsur religi dengan cara bertawasul, unsur pendidikan ada nilai uang terkandung di dalamnya, karena jenis pusaka membawa makna masing-masing. Ada juga unsur seni, semua kegiatan tradisi ini diakhiri dengan atraksi budaya,” ujar Bhabinkamtibmas Desa Tegalkarang Bripka Nana.

Kegiatan monitoring dan pengamanan Upacara Adat Desa Tegalkarang/ memandikan barang-barang peninggalan leluhur Desa Tegalkarang merupakan perintah Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman., S.Ik., M.H melalui Kapolsek Gempol Kompol Munawan., S.H dengan harapan tercipta situasi dan kondisi yang aman dan kondusif.

( Humas Polsek gempol – Polresta Cirebon Polda Jabar).

Find this content useful? Share it with your friends!